Rabu, 17 Maret 2010

SEMARAK ULTAH PPNI KE 36 DI DPD PPNI KEBUMEN


Dalam rangka merayakan hari Ulang tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang pada 17 Maret 2010 ini genap berusia 36 tahun, DPD PPNI Kebumen menyelenggarakan rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan hari kelahiran organisasi profesi yang merupakan wadah perawat di seluruh Indonesia. Kegiatan-kegiatan ini meliputi Jalan Sehat Gratis, Tasyakuran, Refleksi Profesi Perawat, Donor Darah, Penyuluhan HIV dan AIDS kepada pelajar SLTP dan SLTA. Kegiatan ini di komandani oleh Bpk. M. Madkhan Anis, S.Kep.Ns (Pembantu ketua III STIKES Muhammadiyah Gombong) selaku ketua pelaksana HUT PPNI dibawah arahan Ketua PPNI kabupaten Kebumen H. Tri Tunggal EKo Sapto, SKM, MPH.


JALAN SEHAT

Jalan sehat gratis dilaksanakan pada Rabu 16 Maret 2010. Jalan sehat ini start dari depan RS Permata Medika Kebumen pada pukul 08.30 WIB dilepas oleh Bupati Kebumen KH. M. Nashirudin al Mansyur. Hadir juga pada jalan sehat ini seluruh calon bupati yang akan bertarung apa PILKADA Kebumen 11 April 2010 yaitu H. Rustriyanto, SH didampingi calon wakil bupatinya dr. Rini Kristiani Suprapto, M.Kes, H.Poniman Kasturo MM, H. Buyar Winarso, SE, dan KH. M. Nashirudin al Mansyur. Panitia HUT PPNI memang sengaja mengundang seluruh calon bupati dan wakil bupati bukan bermaksud PPNI terlibat dalam politik praktis, namun untuk mengenalkan calon bupati dan wakil bupati kepada masyarakat yang mengikuti jalan sehat karena PILKADA Kebumen akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Ternyata antusiasme warga masyarakat kebumen untuk mengikuti jalan sehat gratis ini sangat besar, terbukti dari 3000 lembar tiket yang disediakan panitia habis. Peserta juga dihibur oleh Marching Band dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang turut serta ikut dalam jalan sehat. Jalan sehat gratis ini berhadiah sepeda gunung MTB, mesin cuci, lemari es, televisi dan ratusan hadiah hiburan menarik. Jalan sehat gratis ini terselenggara atas kerjasama PPNI Kabupaten Kebumen dengan STIKES Muhammadiyah Gombong, RS Permata Medika Kebumen, RS Purwogondo, RS Purbowangi, RS PKU Muhammadiyah Gombong dan seluruh puskesmas di wilayah Kebumen


REFLEKSI PROFESI PERAWAT DAN DONOR DARAH

Kegiatan ini dilaksanakan di STIKES Muhammadiyah Gombong pada 17 Maret 2010. Refleksi profesi perawat dipimpin oleh Ketua PPNI Kabupaten Kebumen H. Tri Tunggal Eko Sapto, SKM, MPH dan dihadiri seluruh anggota komisariat PPNI se kabupaten Kebumen dan mahasiswa keperawatan. Refleksi ini bertujuan mengingatkan kembali kepada anggota PPNI tentang tugas dan fungsi profesi perawat. Setelah acara refleksi dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Ketua PPNI Kabupaten Kebumen yang diserahkan kepada Ketua STIKES Muhammadiyah Gombong H. Basirun Al Ummah, S.Pd, M.Kes. Acara Donor Darah diselenggarakan dalam waktu yang sama di gedung mini hospital STIKES Muhammadiyah Gombong bekerjasama dengan UTD PMI Cabang Kebumen. Donor darah ini di ikuti oleh 50 peserta dari anggota PPNI, mahasiswa dan masyarakat umum.


PENYULUHAN HIV/ AIDS

Penyuluhan HIV/ AIDS adalah kegiatan memberikan informasi mengenai penyakit HIV/ AIDS kepada masyarakat agar sejak dini mencegah penyakit tersebut mengingat penyakit HIV/ AIDS di Kebumen angka kejadiannya semakin meningkat. Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu ke 4 bulan Maret 2010. Sasaran kegiatan ini adalah pelajar SLTP dan SLTA di wilayah Kebumen.

Tidak ada komentar: